Senin, 16 Januari 2012

Ruang LIngkup Bisnis


I.       RUANG LINGKUP BISNIS

1.    Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa dan pemerintah yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa ke konsumen.

2.    Tujuan Kebijakkan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menetukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.
Ada banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnis, diantaranya:
a.      Maket standing
Yaitu penguasaan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
b.     Innovation
Yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian.
c.      Physical and financial resources
Yaitu perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan menguntungkan.
d.      Worker performance and attitude
Yaitu untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar bekerja dengan baik. 
e.      Public responsibility
Yaitu bisnis harus memiliki tanggung jawab social seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya populasi dan menciptakan lapangan kerja.

3.    Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
System perekonomian adalah system yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun oergannisasi dinegara tersebut.

Perekonomian terencana
Perekonomian terencana ada 2 yaitu:

1. System perekonomian komunisme
adalah system perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian.

2. System perekonomian sosialisme
adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

Perekonomian pasar
Perekonomian pasar ada 2 yaitu:

1. System perekonomian kapitalis
adalah system perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian.

2.      System perekonomian liberalis
adalah suatu filosofi ekonomi dan politik.

                                                                       
4.    Kesempatan Bisnis/Usaha
Dalam dunia bisnis setiap peluang dan kesempatan yang bisa dimanfaatka dengan baik akan menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi financial namun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis dibutuhkan keinginan yang kuat, serta kreativitas yang tinggi untuk kelangsungan bisnis yang akan digeluti.

5.    Jenis Unsur-Unsur Penting dalam Aktivitas
a.      Keinginan Manusia
Keinginan manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keberhasilan di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar produk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

b.      Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal yang terpenting kedua dalam aktivitas ekonomi. Contonya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, dia tidak mengerti tentang jaringan internet ataupun computer itu sendiri. Maka iya bisa menyebabkan ketidak nayaman para pelanggannya ketika terjadi gangguan.

c.      Cara –Cara Berproduksi (Tehnques Of  Production)
Cara pembuatan barang pada umumnya berada diluar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang atau jasa-jasa apa yang harus diproduksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan bagaimana cara memproduksinya.

6.    Hakikat Bisnis
a.      Bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi, sebuah bisnis real sebuah bisnis.
b.      Bahwa bisnis sesungguhanya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapi.

Terimakasih kepada Bapak / Ibu dan blogger yang sudah membantu secara tidak langsung terselesaikannya tugas pengantar bisnis saya 


 Alma, Buchari. 1998.Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta
                John Soeprihanto & Murti Sumarni. 1998. 
              Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar