PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
1.
Pengertian Perusahaan
Suatu unit kegiatan produksi yang
mengelolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi
masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan
kebutuhan masyarakat.
Jadi dalam perusahaan dapat disimpulkan
terdapat unsur penting yang dapat dilihat:
·
Organisasi
·
Produksi
·
Sumber Ekonomi
·
Kebutuhan
·
Cara untuk
dapat keuntungan/menguntungkan
2. Tempat
Kedudukkan dan Tempat Perusahaan
a.
Letak
perusahaan yang terikat pada alam
letak perusahaan ini sangat diperlukan oleh
sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia, misalkan: usaha
pertanian, pertambangan
b.
Letak
perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya bisa dijelaskan
dengan adanya sejarah dilokasi itu.
Misalkan kerajinan batik didaerak Surakarta dan
Yogyakarta, hal ini disebakan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita
dalam keraton dikedua kota
itu.
c.
Letak
perusahaan yang ditentukan pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan
dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat
disekitar lokasi itu tidak terganggu karna adanya perusahaan itu. Misalnya:
pabrik senjata/aminisi, peternakkan babi dan pabrik obat-obatan.
d.
Letak
perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Pada umumnya perusahaan ini bersifat
industry. Disini ada beberapa factor yang perlu dipertimbangkan dalam
menentukkan letak perusahaan:
1.
Dekat dengan
bahan baku
Contohnya: pabrik gula, pabrik semen
2.
Dekat dengan
pasar
Contohnya: pabrik roti (bakery), rumah
makan dan juga perusahaan jasa seperti Bank/Asuransi
3.
Dekat dengan
pemasok tenaga kerja
Contohnya: pabrik rokok, pabrik kembang
gula
4.
Dekat dengan
penyedia sumber tenaga/energy
Contohnya: pabrik peleburan bijih besi,
almunium dan baja
3. Perusahaan
dan Lembaga Sosial
Lembaga social merupakan pola yang terorganisasi untuk memnuhi
berbagai keperluan manusia yang terlahir dengan adanya berbagai budaya, sebagai
suatu ketetapan yang tetap, untuk memperoleh konsep kesejahteraan masyarakat
dan melahirkan struktur.
Tujuan Lembaga Sosial:
a.
Lembaga social
yang memenuhi kebutuhan social dan kekerabatan. Contoh: perkawinan, keluarga
dan pengasuhan anak.
b.
Lembaga social
yang berusaha memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup,
memproduksi, menimbun dan memdistribusikan barang. Contoh: pertanian,
perikanan, koperasi, perternakkan dan perdagangan.
c.
Lembaga social
yang memenuhi bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikkan. Contoh: SD, SMP, SMA,
temapat kursus, pesantren.
d.
Lembaga social
yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan.
Contoh: masjid, gereja, pura, mecaru, odalan, mekarya, tahlilan, kebaktian dan
sebagainya.
e.
Lembaga social
yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan untuk mengatur kehidupan kelompok serta
bernegara. Contoh: pemerintah, kepolisian, kehakiman dan partai politik.
4. Macam
Lingkungan Perusahaan dan Perngaruh terhadap Perusahaan Pendekatan Alam
Perusahaan
Pengaruh lingkungan umum:
Perkembangan masyarakat secara umum sangant
ditentukan oleh pengaruh lingkungan. Baik lingkungan alam maupun lingkungan
sosial kemasyarakatan.
-Sulitnya lahan membuat orang beralih ke
rumah susun.
-Susahnya batu bara orang beralih ke
minyak/gas.
Pengaruh alamiah terhadap perkembangan
bisnis dalam masyarakat antara lain:
a.
Faktor Alam
Faktor alam sangat menentukan arah
kebijakkan pemerintah dan mendatang swasta untuk masuk dan mengembangkan
potensi yang ada.
b.
Faktor Ekonomi
Faktor perkembangan ekonomi sangat
mempengaruhi potensi dalam perkembangan usaha.
·
Konsisi
ekonomi tumbuh
-
Pendapatan
naik
-
Daya beli naik
-
Daya saing
bagus
-
Usaha
bergairah
·
Konsisi
ekonomi ressi
-
Hati-hati
dalam usaha
-
Penghasilan
turun
-
Makin selektif
dalam memanfaatkan penghasilan
c.
Faktor
Teknologi
Teknologi disini berfungsi sebagai alat
yang akan membuat pekerjaan lebih cepet efketif dan efesien.
Semua akan meningkatkan iklim usaha:
-
Mesin
-
Komputer
-
Peralatan
usaha
-
Infrastuktur
d.
Faktor Sosial
Perkembangan dan pertumbuhan factor ini
banyak dilandasi oleh perubahan-perubahan secara sosial. Baik social ekonomi
maupun social kemasyarakatan.
Contoh:
-
Anak-anak muda
professional
-
Kaula muda
-
Pecinta karier
e.
Factor Budaya
Budaya juga factor yang bisa menumbuhkan
bisnis. Seperti lebaran, natal, jantung sehat dan lain-lain.
Terimakasih kepada Bapa/Ibu blogger yang secara tidak langsung telah membantu terselesaikannya tugas pengantar bisnis saya
John Soeprihanto & Murti
Sumarni. 1998.
Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar