PEMASARAN
1.
Pengertian
Pasar dan Pemasaran
Pasar
adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli ataupun tempat berpeluang
untuk terjadinya transaksi.
Pemasaran
adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2.
Jenis-Jenis
Pasar
Pada
dasarnya pasar dibagi dalam bebrapa golongan yaitu sebagai berikut:
a. Berdasarkan
wujudnya
·
Pasar konkret (pasar nyata)
Merupakan
pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secara langsung (tatap
muka). Misalnya pasar-pasar tradisional dan swalayan
·
Pasar abstrak (tidak nyata)
Merupakan
pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli , baik secara
langsung maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh
pembeli. Misalnya pasar modal di bursa efek Indonesia
b. Berdasarkan
waktu terjadinya
·
Pasar harian
Merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, toserba dan
warung-warung
·
Pasar mingguan
Merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin
atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan
·
Pasar bulanan
Merupakan
pasar yang melakukan aktivitas satu bulan sekali. Dalam aktivitasnya bisa satu
hari atau lebih. Misalnya pasar yang biasa terjadi didepan-depan kantor tempat
pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjangan pensiunan tiap awal
bulan
·
Pasar tahunan
Merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Kejadian pasar ini
biasanya lebih dari satu hari, bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan.
Misalnya Pekan Raya Jakarta, pasar malam, pameran pembangunan
·
Pasar temporer
Merupakan
pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu (tidak
rutin) pasar ini biasanya pada peristiwa tidak tertentu. Misalnya pasar murah,
bazaar dan pasar karna ada perayaan Kemerdekaan
RI
c. Berdasarkan
luas jangkauannya
·
Pasar lokal
Merupakan
pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dar berbagai daerah atau wilayah
tertentu saja
·
Pasar nasional
Merupakan
pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah
dalam suatu negara. Misalnya pasar kayu putih di Ambon
dan pasar tembakau di Deli
·
Pasar internasional
Penjual
dan pembeli dari berbagai negara. Misalnya pasar tembakau di Bremen Jerman
d. Berdasarkan
hubungannya dengan proses produksi
·
Pasar output (pasar produk)
Merupakan
pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi (biasanya dalam
bentuk jadi)
·
Pasar input (pasar factor produksi)
Merupakan
interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai
masukkan pada suatu proses produksi (sumber daya alam, berupa bahan tambang,
hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal)
e. Berdasarkan
strukturnya (jumlah penjual dan pembeli)
·
Pasar persaingan sempurna
Merupakan
jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk
yang dijual bersifat homogen
·
Pasar persaingan tidak sempurna
-
Pasar monopoli
-
Pasar oligopoli
-
Pasar persaingan monopolistik
-
Pasar monopsoni
-
Pasar oligopsoni
3.
Konsep-Konsep Inti Pemasaran
a. Konsep
produksi
Konsep
yang menyatakan bahwa, konsumen akan menyukai produk yang tersedia selaras
dengan kamampuannya
b. Konsep
produk
Konsep
ini mengandung perngertian bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan
kualitas dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol
c. Konsep
penjualan
Konsep
ini menyatakan konsumen tidak akan membeli banyak produk, kecuali produsen
melakukan promosi dan penjualan yang agresif
d. Konsep
pemasaran
Konsep
ini menyatakan kunci keberhasilan dalam men capai tujuan perusahaan adalah
terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar serta pemberian kepuasaan
yang diinginlan secara lebih baik yang dilakukan oleh pesaingnya
e. Konsep
pemasaran kemasyarakatan
Menyatakan
bahwa, tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan
pasar, serta memberikan yang diinginkan konsumen lebih baik dari pada yang
diberikan oleh pesaingnya agar dapat mempertahankan dan mempertinggi
kesejahteraan masyarakat.
4.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Terdapat
4 unsur dalam marketing mix yaitu: produk, harga, promosi, dan saluran
distribusi. Marketing disebut dengan 4P (produc, price, promotion, place)
a. Produk adalah sesuatu yang
dapat ditawarkan dipasar untuk mendapatkan untuk mendapatkan perhatian,
permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan
konsumen.
b. Harga adalah jumlah uang yang
dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta
pelayanannya.
c. Promosi adalah aktivitas yang
mengkonsumsikan produk dan membujuk pelanggan untuk membelinya.
d. Saluran distribusi
adalah saluran yang digunakan untuk menyalurkan produk dari produsen sampai ke
konsumen atau bisa disebut struktur organisasi dalam perusahaan dan luar
perusahaan yang terdiri dari agen, pedagang besar dan pengencer.
5.
Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplemasikan (yang terdiri
dari kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi
atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai
tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Didalam fungsi manajemen
pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk
mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa
besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.
6.
Tujuan
Sistem Pemasaran
a. Memaksimumkan
konsumsi
Pekerjaan
pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya
menciptakan produksi, kesempatan kerja dan kemakmuran maksimum.
b. Memaksimumkan
kepuasaan konsumen
Tujuan
system pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasaan konsumen, bukan konsumsi.
Tetapi mengukur kepuasaan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur
kepuasaan dari produk pada individu, kepuasaan dari produk atau jasa yang baik
diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasaan yang diterima
seorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
c. Memaksimumkan
mutu hidup
Termasuk
didalamnya kualitas, kuantitas, ketersedian, dan harga barang pokok barang mutu
lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur
7.
Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
a. Pendekatan
serba fungsi
Dari
apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu pembelian, pengangkutan, penjualan,
penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan garding,
pengumpulan informasi pasar.
b. Pendekatan
serba lembaga
Dilihat
dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, missal: produsen,
supplier, perantara dagang dsb.
c. Pendekatan
serba barang (pendekatan organisasi industri)
Studi
tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau
konsumen industri.
d. Pendekatan
serba manajemen
Dilihat
dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
e. Pendekatan
serba sistem
Menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi, manajemen, produk, lembaga.
Terimakasih
kepada Bapak / Ibu Blogger yang secara tidak langsung telah membantu
terselesaikannya tugas saya.
Alma, Buchari. 1998.Pengantar Bisnis.
Bandung :
Alfabeta
John Soeprihanto & Murti Sumarni.
1998.
Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar
Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
ips-mrwindu.blogspot.com/2009/04/jenis-jenis-pasar.html
id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
erik-permana.blogspot.com/2010/04/sistem-pemasaran.html
blogdeta.blogspot.com/2009/03/manajemen-produksi.html
magussudrajat.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar