Senin, 16 Januari 2012

Pemasaran


 PEMASARAN

1.      Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli ataupun tempat berpeluang untuk terjadinya transaksi.

Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

2.      Jenis-Jenis Pasar
Pada dasarnya pasar dibagi dalam bebrapa golongan yaitu sebagai berikut:
a.      Berdasarkan wujudnya
·        Pasar konkret (pasar nyata)
Merupakan pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secara langsung (tatap muka). Misalnya pasar-pasar tradisional dan swalayan
·        Pasar abstrak (tidak nyata)
Merupakan pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan pembeli , baik secara langsung maupun tidak langsung, barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya pasar modal di bursa efek Indonesia

b.      Berdasarkan waktu terjadinya
·        Pasar harian
Merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, toserba dan warung-warung
·        Pasar mingguan
Merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan
·        Pasar bulanan
Merupakan pasar yang melakukan aktivitas satu bulan sekali. Dalam aktivitasnya bisa satu hari atau lebih. Misalnya pasar yang biasa terjadi didepan-depan kantor tempat pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjangan pensiunan tiap awal bulan
·        Pasar tahunan
Merupakan pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Kejadian pasar ini biasanya lebih dari satu hari, bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan. Misalnya Pekan Raya Jakarta, pasar malam, pameran pembangunan
·        Pasar temporer
Merupakan pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tertentu (tidak rutin) pasar ini biasanya pada peristiwa tidak tertentu. Misalnya pasar murah, bazaar dan pasar karna ada perayaan Kemerdekaan RI

c.      Berdasarkan luas jangkauannya
·        Pasar lokal
Merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dar berbagai daerah atau wilayah tertentu saja
·        Pasar nasional
Merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam suatu negara. Misalnya pasar kayu putih di Ambon dan pasar tembakau di Deli
·        Pasar internasional
Penjual dan pembeli dari berbagai negara. Misalnya pasar tembakau di Bremen Jerman

d.      Berdasarkan hubungannya dengan proses produksi
·        Pasar output (pasar produk)
Merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi (biasanya dalam bentuk jadi)
·        Pasar input (pasar factor produksi)
Merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukkan pada suatu proses produksi (sumber daya alam, berupa bahan tambang, hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal)

e.      Berdasarkan strukturnya (jumlah penjual dan pembeli)
·        Pasar persaingan sempurna
Merupakan jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen
·        Pasar persaingan tidak sempurna
-          Pasar monopoli
-          Pasar oligopoli
-          Pasar persaingan monopolistik
-          Pasar monopsoni
-          Pasar oligopsoni

3.      Konsep-Konsep Inti Pemasaran
a.      Konsep produksi
Konsep yang menyatakan bahwa, konsumen akan menyukai produk yang tersedia selaras dengan kamampuannya
b.      Konsep produk
Konsep ini mengandung perngertian bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol
c.      Konsep penjualan
Konsep ini menyatakan konsumen tidak akan membeli banyak produk, kecuali produsen melakukan promosi dan penjualan yang agresif
d.      Konsep pemasaran
Konsep ini menyatakan kunci keberhasilan dalam men capai tujuan perusahaan adalah terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar serta pemberian kepuasaan yang diinginlan secara lebih baik yang dilakukan oleh pesaingnya
e.      Konsep pemasaran kemasyarakatan
Menyatakan bahwa, tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar, serta memberikan yang diinginkan konsumen lebih baik dari pada yang diberikan oleh pesaingnya agar dapat mempertahankan dan mempertinggi kesejahteraan masyarakat.

4.      Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Terdapat 4 unsur dalam marketing mix yaitu: produk, harga, promosi, dan saluran distribusi. Marketing disebut dengan 4P (produc, price, promotion, place)
a.      Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar untuk mendapatkan untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen.
b.      Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
c.      Promosi adalah aktivitas yang mengkonsumsikan produk dan membujuk pelanggan untuk membelinya.
d.      Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan untuk menyalurkan produk dari produsen sampai ke konsumen atau bisa disebut struktur organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri dari agen, pedagang besar dan pengencer.

5.      Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplemasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif. Didalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.

6.      Tujuan Sistem Pemasaran
Ada beberapa alternatif dari sistem pemasaran yaitu:
a.      Memaksimumkan konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja dan kemakmuran maksimum.

b.      Memaksimumkan kepuasaan konsumen
Tujuan system pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasaan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasaan konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasaan dari produk pada individu, kepuasaan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasaan yang diterima seorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.

c.      Memaksimumkan mutu hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersedian, dan harga barang pokok barang mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur

7.      Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
Ada beberapa pendekatan dari system pemasaran yaitu:
a.      Pendekatan serba fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan garding, pengumpulan informasi pasar.

b.      Pendekatan serba lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, missal: produsen, supplier, perantara dagang dsb.

c.      Pendekatan serba barang (pendekatan organisasi industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.

d.      Pendekatan serba manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.

e.      Pendekatan serba sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, lembaga.

Terimakasih kepada Bapak / Ibu Blogger yang secara tidak langsung telah membantu terselesaikannya tugas saya.

Alma, Buchari. 1998.Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta

John Soeprihanto & Murti Sumarni. 1998.
Pengantar Bisnis     (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta


ips-mrwindu.blogspot.com/2009/04/jenis-jenis-pasar.html

id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran

erik-permana.blogspot.com/2010/04/sistem-pemasaran.html

blogdeta.blogspot.com/2009/03/manajemen-produksi.html

magussudrajat.blogspot.com/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar